SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA

Thursday, February 13, 2014

Mengenal Tampilan User Interface MS Word 2007

Pengguna software “kantoran” tentu sudah tidaak asing lagi dengan tampilan MS Word seri 1997 atau 2003. Jika anda termasuk pengguna program tersebut, maka anda akan membutuhkan sedikit penyesuaian untuk mengoperasikan MS Word 2007. Mengapa demikian? Microsoft Corporation memberikan sentuhan yang berbeda pada MS Word seri 2007 ini. Pengguna MS Word termasuk anda tentunya, tidak akan lagi menemukan deretan menu karena telah diganti dengan sistem ribbon. Adapun tampilan user interface MS Word 2007 dapat di tunjukan pada ilustrasi berikut.
Gambar 1.1. Tampilan user interface MS Word 2007
            Menu Bar pada MS Word seri sebelumnya diubah menjadi tab-tab. Secara visual, tampilan user interface pada MS Word 2007 tampak lebih menarik dibandingkan dengan seri sebelumnya. Selain itu, tampilan MS Word 2007 ini juga mempermudah pengguna dalam mengoperasikan fitur-fitur dan fasilitas yang ada dalam program tersebut
            Berdasarkan visualisasi jendela MS Word 2007 di atas, dapat dikemukakan bahwa user interface program ini terdiri dari 6(enam) bagian, yaitu:
·         Title bar. Sesuai dengan namanya, bagian ini terletak pada posisi paling atas dari jendela MS Word. Fungsi dari bagian ini adalah menampilkan judul atau nama dokumen yang sedang dibuka atau aktif.
                                                                                Gambar 1.2. Tampilan Bagian Title Bar
·         Quick acces.  Bagian ini bisa ditempatkan di bawah atau di atas ribbon. Secara fungsional bagian ini menampilkan shortcut dari beberapa perintah yang diinginkan pada bagian ini. Keberadaan bagian ini bertujuan untuk mempermudahkan dan mempercepat proses kerja dengan MS Word.
Gambar 1.3. Tampilan Bagian Quick Acces
·         Tab-tab. Bagian ini merupakan visualisasi terbaru pengganti sistem menu bar. Ketika slah satu tab dibuka, maka akan muncul deretan perintah yang ditampilkan secara horizontal yang dikenal dengan istilah ribbon.
Gambar 1.4. Tampilan Bagian Tab-tab
·         Ribbon. Dari istilah ribbon berarti pita. Deretan perintah dalam setiap tab yang ditampilkan secara horizontal merepresentasikan sebuah pita sehingga disebut dengan ribbon. Sistem ribbon ini banyak memberikan keuntungan bagi pengguna yang menggunakannya. Untuk menjalankan suatu perintah, anda hanya cukup melakukan sekali klik pada ikon perintah yang diinginkan. Keberadaan ribbon ini tentu saja tidak hanya mempermudah tetapi juga mempercepat pekerjaan yang dilakukan dengan MS Word.
Gambar 1.5. Tampilan Bagian Ribbon
·         Dokumen. MS Word merupakan program pengolah kata yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan yang berhubungan dengan pembuatan dokumen-dokumen. Berkenaan dengan hal tersebut, bagian dokumen dalam program ini merupakan salah satu bagian yang vital yang harus ada. Bagian ini berfungsi sebagai tempat untuk mengetikkan konten dokumen.
Gambar 1.6. Tampilan Bagian Dokumen
·         Navigasi. Bagian ini digunakan untuk mengatur tampilan dokumen. Dalam MS Word 2007, bagian navigasi bisa ditemukan di sudut kanan bawah jendela program tersebut. Dari navigasi ini, anda bisa memperbesar atau memperkecil tampilan dokumen hanya dengan menggeser slider, dimana untuk memperkecil slider digeser ke arah kiri. Selain itu, anda juga bisa mengatur tampilan dokumen secara visual dengan mengaktifkan salah satu icon dari deretan icon yang ada di samping kiri fitur zoom.

Gambar 1.7. Tampilan Bagian Navigasi

No comments :

Post a Comment